Kamis, 04 November 2010

homo homini socio and lupus

Homo homini socio adalah manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan manusia lainnya untuk hidup. Kitya tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain, pasti kita membutuhkan seseorang dan kelompok untuk berteman dengan kita.
contohnya saat kita ingin makan kita membutuhkan pedagang untuk membeli makanan ataupun membeli bahan-bahan untuk di masak. Begitu pula saat kita ingin menuntut ilmu, kita membutuhkan guru untuk mengajarkan hal-hal yang kita tidak ketahu.
Manusia membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya yaitu dengan bergaul dengan orang lain agar kita lebih mengenal dunia dan mengetahui apa saja yang ada di dunia ini,
Seperti halnya kita mengetahui adanya tata surya. Kita bisa mengetahui adanya tata surya dengan kita bersekolah, membaca buku dan bertanya kepad orang yang menurut kita ia mengetahuinya. Untuk mengetahui adanya tata surya saja kita sudah melakukan interaksi dengan orang lain karena kita tidak akan mengetahui sesuatu tanpa adanya bentuan orang lain.
"Pada dasarnya manusia itu saling terhubung dengan manusia lainnya dan saling membutuhkan antara manusia satu dengan yang lainnya . Yang biasa disebut makhluk sosial, yaitu manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain yang ada disekitarnya. Dalam hal ini manusia saling keterikatan, Manusia akan selalu hidup bersama dan berdampingan dengan manusia lainnya dari sejak lahir sampai tua mereka membentuk suatu kelompok yang disebut masyarakat. Jadi pengertian Homo Homini Socio adalah Manusia sebagai makhluk sosial. Adapun ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama sesamanya dinamakan ilmu sosiologi.

Dalam kehidupan bermasyarakat manusia mempunyai etika dalam berinteraksi antara yang satu dengan lainnya tidak pandang kecil, dewasa, dan tua manusia itu. mulai dari perilaku, kesopanan, tingkah laku maupun komunikasi. Dalam hal ini manusia sudah mempunyai bekal perilaku yang tertanam saat ia dilahirkan dibumi, dari perilaku tersebut nantinya akan berkembang selaras dengan pertumbuhannya. Manusia juga mempunyai aturan/pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Aturan dalam bahasa yunani kuno disebut nomos. Tanpa adanya aturan dalam diri manusia maka kehidupan mereka dalam kesehariannya pasti tidak akan terkendali dan tidak mempunyai arah tujuan hidupnya kedepan."
homo homini lupus adalah manusia yang menganggap manusia lainnya sebagai musuhkan. manusia yang suka membunuh dapat di kategorikan sebagai homo homini lupus. homo homini lupus adanya kecenderungan untuk melawan manusia lainnya dan ia juga menyuaki peperangan.
menurut iiam.blogdetik.com :"Manusia itu serigala bagi manusia lain yang dimaksud dengan Homo Homini Lupus, dalam arti luas manusia orang lain dianggap bukan sesamanya atau sahabatnya melainkan musuhnya. Contoh seperti maraknya penculikan, pembunuhan, mutilasi, premanisme yang mewabah, pencurian maupun tindak kejahatan lainnya dinegara kita ini. Hal tersebut mencerminkan manusia sewaktu-waktu dapat berubah menjadi buas seperti serigala jika dalam dirinya terdapat rasa tidak puas, iri, benci dengan manusia lainnya dikarnakan manusia tersebut malas dan tidak mau berusaha untuk sesuatu yang ia inginkan. Dalam hal ini manusia melakukan tersebut juga karna ambisi dan hawa nafsu yang tidak dilandasi dengan aturan hidup yang benar, sehingga mereka melakukan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan dalam bermasyarakat."

KESIMPULAN :
manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dengan manusia lainnya. Namun juga terdapat manusia yang cenderung tidak butuh manusia lainnya dan hanya menganggap yang lainnya sebagai musuhnya.

Referensi :http://iiam.blogdetik.com/2010/10/24/homo-homini-socius-homo-homini-lupus/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar